Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium merupakan salah satu atraksi paling populer di Ocean Expo Park, terletak di barat laut Okinawa, Jepang. Dalam bahasa Okinawa, chura berarti indah, dan umi berarti laut. Akuarium Churaumi adalah salah satu akuarium terbesar di dunia.

 

Kekayaan alam Okinawa termasuk sejarah dan budaya dapat dialami di Ocean Expo Park, tempat di mana kita dapat bermain dengan lumba-lumba. Di akuarium ini, dunia menarik dari kehidupan laut dapat ditemukan. Coral lautan yang mempesona dengan sinar matahari terdiri beragam koloni karang yang berbeda.

Akuarium ini adalah bagian dari Ocean Expo Commemorative National Government Park yang terletak di Motobu, Okinawa, Jepang. Aquarium ini terdiri dari empat lantai, dengan tangki-tangki yang menampung satwa-satwa laut dalam, ikan hiu, koral dan ikan tropis. Akuarium ini dibangun di atas lahan seluas 19000 meter persegi dengan total ada 77 tangki akuarium yang menampung 10.000 meter kubik air. 

Air yang ada di akuarium ini merupakan air laut yang dipompa 24 jam sehari langsung dari sumbernya yang berjarak 350 meter .

Tangki Utama, yang disebut Kuroshio Sea, menampung 7500 meter kubik air dan berpanel kaca acrylicberukuran tinggi 8,2 meter dan panjang 22,5 meter, dengan ketebalan kaca 60 sentimeter. Ini adalah panel terbesar di dunia ketika pertama kali dibuka. Paus hiu dan ikan pari (manta ray) disatukan dalam akuarium yang sama dengan ikan lainnya.