Pertama Kali Travelling Ke Luar Negeri? Ikuti Tip Ini

Pertama Kali Travelling Ke Luar Negeri? Ikuti Tip Ini

Traveling ke luar negeri untuk pertama kali, apalagi sendirian, kadang bikin kuatir. Tetapi dengan sejumlah persiapan, perasaan kuatir itu bisa diatasi.

  1. Cari destinasi yang tidak terlalu berat dari sisi kebudayaan

Menjelajah ke negara lain tentu harus beradaptasi dengan kebudayaan yang ada di negara itu, termasuk makanan dan bahasanya. Destinasi negara yang akan dituju bisa dicoba dari yang terdekat dengan Indonesia, yaitu Malaysia. Negara tersebut memakai bahasa Melayu yang memiliki kemiripan dengan bahasa Indonesia.

Selain Malaysia, negara lain yang bisa dikunjungi lainnya adalah Singapura dan Hongkong karena bebas visa. Ini bisa menghemat pengeluaran Anda.

Untuk memudahkan perjalan pertama Anda pilihlah negara yang bebas visa (negara ASEAN maupun Jepang), atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan. Jika berlibur ke negara lain, tentu harus sedikit memahami bahasa Inggris juga dalam percakapan.

  1. Jangan lupa bekal abon dan mie instan

Makanan juga bisa menjadi problem tersendiri bagi para traveller, karena terkadang sulit menemukan makanan halal di luar negeri. Dengan membawa bekal yang cukup, seperti abon dan mie instan, itu akan menjadi penyelamat anda.

      3. Selalu bawa dokumen pribadi untuk jaga-jaga

Membawa dokumen pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor dan visa ini penting untuk keperluan check-in. Buatlah paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, agar tak terburu-buru sebelum berlibur.

Kadang, paspor juga digunakan untuk booking tiket pesawat. Selain itu, buatlah visa jika negara yang tujuan tidak bebas visa. Pembuatan visa memang cukup rumit, mulai dari formulir online, lampiran buku tabungan dan hal lain yang biayanya tidak murah.

  1. Mengatur budget untuk bepergian ke luar negeri.

Tipnya adalah dengan menghitung pengeluaran harian. Per harinya dibatasi pengeluaran untuk keperluan apa saja. Selain itu, usahakan tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Tukarkan uang rupiahmu di dalam negeri, karena di luar negeri jarang yang mau menerima penukaran rupiah. Tip lainnya, jangan menukar uang rupiahmu di bandara karena akan lebih mahal.

Hal lainnya, yaitu bawa kartu akun bank yang bisa digunakan di luar negeri. Saat menarik uang di bank juga hendak diperhatikan nilainya agar tak berlebihan. Usahakan hanya untuk kebutuhan per hari saja.

  1. Rencanakan semua persiapan dan lokasi tujuan wisata

Sebelum jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kalinya, rencakan tujuan wisata Anda. Usahakan semua terencana dengan baik, mulai dari penginapan, restoran yang dituju dan taman hiburan lokal. Ketika sendiri atau dengan keluarga, lebih baik rencanakan dahulu itu semua.

Jangan sampai liburan pertama Anda di luar negeri menjadi sia-sia karena ketinggalan jadwal pertunjukan atau kereta. Sebisa mungkin, pesanlah penginapan saat berada diIndonesia karena akan lebih murah (hitungan masih memakai uang rupiah)

Tags: