Tempat Wisata Di Puncak Bogor Yang Instagram Banget

Tempat Wisata Di Puncak Bogor Yang Instagram Banget

Tempat wisata kekinian atau Instagramable kian populer di kalangan millennials. Berbagai daerah terus mengembangkan potensi tempat wisata yang asyik, terutama untuk tempat foto-foto. Salah satunya yang berkembang pesat adalah kawasan Puncak di Jawa Barat.

The Ranch Cisarua


The Ranch Puncak ini berada di lokasi yang cukup mudah diakses. Ia berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77,5 Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya yang strategis ini menjadikan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata Puncak terbaru yang wajib Moms kunjungi. tinggal mengikuti petunjuk jalan hingga menemukan Cimory Riverside.

Setelah dari sana tinggal melanjutkan perjalanan sekitar satu kilometer saja. Umumnya, orang-orang memanfaatkan The Ranch Puncak sebagai tempat bersantai ketika jalanan macet. The Ranch Puncak memiliki tempat parkir yang sangat luas, bahkan ia bisa menampung hingga 600 kendaraan.

Jangan khawatir tersesat ya, karena petunjuk jalannya sudah cukup jelas. juga bisa mengandalkan aplikasi Google Maps ketika hendak pergi ke sana. Google Maps bahkan bisa membantu memberikan alternatif jalan yang tidak macet.

Untuk menuju The Ranch Bogor sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja supaya lebih mudah dan nyaman. Jalurnya mudah dilalui kendaraan jenis apapun, baik itu roda dua, roda empat, bahkan bus. Jalanannya juga mulus dan beraspal, akan tetapi Moms akan melalui jalan yang cukup berkelok-kelok sebagaimana jalan khas di pegunungan. Rute yang dapat diambil yakni dengan menuju ke jalur puncak, jika dari kota Bogor akan memakan waktu perjalanan sekitar 30 hingga 40 menit saja.

Little Venice


Sejak pertama kali dibuka, Little Venice Kota Bunga yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memang langsung terkenal sebagai salah satu tempat wisata Instagramable yang ada di Jawa Barat. Lokasinya yang dekat dengan Puncak, Bogor, jadi alasan lain yang bikin tempat wisata ini populer. Tempat ini pun jadi salah satu tempat wisata di Puncak yang wajib dikunjungi kalau liburan!

Seperti namanya, Little Venice adalah tempat wisata yang meniru gaya kota Venezia di Italia. Kota ini terkenal banget sebagai salah satu destinasi liburan impian karena keindahannya dan juga keunikannya, karena sebagian kota seperti dibangun di atas laut sehingga menghasilkan banyak kanal-kanal air yang bisa ditelusuri dengan perahu kecil bernama gondola.

Nah, di sini pun pengunjung bisa menaiki gondola menyusuri kanal-kanal kecil yang diapit gedung-gedung yang didesain seperti bangunan-bangunan di Venezia! Jadi, terasa seperti di Venezia banget dan, pastinya, Instagramable banget.

Tertarik untuk mencoba mengunjungi Little Venice juga saat liburan ke Puncak setelah pandemi ini berakhir? 

Little Venice terletak di area Villa Estate Kota Bunga di Kabupaten Cianjur, tak sampai 10km dari Puncak Pass Resort. Dari resort populer di Puncak itu, hanya perlu melanjutkan perjalanan ke Jalan Palasari, hingga menemukan gerbang masuk ke Kota Bunga.

Telaga Warna

Lokasi wisata​ danau yang tak jauh dari kawasan Puncak Pass Bogor, membuat Telaga Warna​ selalu menjadi pilihan tempat wisata terbaik. Bagi warga Jakarta yang ingin menepi dari rutinitas harian yang padat, maka menyempatkan diri berkunjung ke Danau Warna Puncak Pass Bogor dapat menjadi pilihan libur di akhir pekan.

Sebagai kawasan Cagar Alam Mega Mendung dan Hutan Hambalang, tentu keindahan alam yang dimiliki danau ini begitu memukau. Panorama khas hutan yang masih asri, dengan warna danau yang dapat berubah setiap saat membuat lokasi ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Sebagai kawasan wisata yang selalu ramai kunjungan wisatawan, membuat sejumlah fasilitas disediakan oleh Pemerintah setempat. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, toilet umum, mushola dan sejumlah akses yang sudah mulai nampak baik sekarang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin kesana.

Pihak pengelola pun juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti sepeda air, flying fox, dan outbound yang dapat kamu nikmati. Selain itu kawasan ini juga dilengkap dengan jogging track area yang cukup luas dan juga gazabo untuk tempat bersantai.

Danau yang memiliki hutan tropis lengkap dengan satwanya, membuat para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan dan gelak lucu dari beberapa hewan yang ada. Fasilitas tersebut dapat kamu nikmati, salah satunya dengan berfoto bersama satwa yang ada.

Lokasi wisata Telaga Warna Bogor seakan memiliki magnet tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya, tak jarang lokasi ini digunakan sebagai tempat hunting foto terbaik. Berbagai spot pun dapat kamu gunakan untuk hasil foto yang lebih bagus

Untuk kamu yang hobby dengan kegiatan hunting, maka tak ada salahnya jika kamu mengambil moment terbaik di sekitar danau Telaga Warna ini. Kecantikan danau yang memiliki warna yang dapat berubah setiap saat serta keindahan di kanan dan kirinya, membuat foto yang kamu hasilkan akan lebih cantik dan menarik.

Alamat Telaga Warna yang berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat ini terbilang cukup mudah dijangkau. Hanya sekitar 1 jam dari Kota Bogor, perjalanan menuju lokasi pun dapat ditempuh baik itu menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Jika kamu dari arah Kota Bogor, patokannya adalah Masjid Atta’awun, setelah melewatinya silahkan belok kiri dan ikuti arah jalan. Disana juga sudah tersedia papan petunjuk yang memudahkan pengunjung datang ke lokasi Telaga Warna di Jawa Barat ini.

Wisata Agro Inkarla

Kawasan wisata yang menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Selain menyediakan koleksi tanaman hias yang beragam, disini juga terdapat kolam renang in door dengan taman yang ditata rapi.

Lokasi Kebun Wisata Inkarla berada tepatnya di Jalan Singabarong, kurang lebih 100 meter sebelum pintu gerbang Kebun Raya Cibodas. Perintis kebun cantik sub tropis ini bernama Ibu Iin Hasim. Tempat ini sangat cocok untuk destinasi wisata bersama keluarga anda yang selanjutnya.

Ketika melihat halaman depan, anda akan langsung disambut dengan berbagai macam warna-warni indahnya bunga dan tanaman hias. Di samping front office, mata anda akan tertuju pada serangkaian bunga anggrek yang tumbuh mekar dengan cantiknya.

Selama anda berada di kawasan Kebun Wisata Inkarla, anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan yang cantik. Ada beberapa fasilitas yang pastinya membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Diantaranya adalah penginapan, ruang meeting, kolam renang in door dengan air hangat.

Tidak hanya itu saja, disini juga ada playground, bilyar dan tenis meja. Jika anda ingin berlama-lama dan sejenak beristirahat dari kesibukan di kota yang padat, anda bisa menyewa penginapan. Terdapat pula cafe yang tersedia disini dengan makanan khas sunda dan minuman hangat yang juga khas sunda.

Kesan yang akan anda dapatkan pertama kali saat tiba di Kebun Wisata Inkarla pasti akan terpesona dengan suasana yang sejuk dan asri. Tanaman disini kebanyakan berasal dari daerah Indonesia sendiri, namun tidak sedikit pula yang berasal dari luar negeri, misalnya saja bunga anyelir, selosia, bunga crysant, astromesia dan peakok dari negeri kincir angin Belanda.

Jika anda berminat untuk membawa pulang bunga cantik tersebut, maka anda juga bisa membeli bibit tanaman yang bisa anda beli dengan harga yang relatif murah. Cukup merogoh kocek antara 10 ribu sampai 20 ribuan, anda bisa membawa pulang bibit bunga cantik tersebut. Tidak perlu merogoh koocek yang dalam untuk anda membawa pulang bunga cantik.

Bagi penggila foto, tentu saja ini menjadi tempat yang cocok untuk anda jangan lupa untuk anda membawa perlengkapan fotografi kesayangan anda. Keindahan alam dipadukan dengan tanaman hiasnya yang berwarna-warni, tentu akan menjadi spot foto yang banyak disukai berbagai kalangan.

Tidak hanya foto dengan latar belakang pemandangan saja, namun banyak sekali tempat yang dapat dijadikan objek foto untuk anda, misalnya saja foto berlatar kolam renang in door, berfoto di saung-saung kecil yang ada di kawasan tersbut, dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda berminat mengunjungi wisata yang satu ini, perlu diingat bahwa Kebun Wisata Inkarla tidak dibuka untuk umum. Untuk bisa datang kesini, anda harus tercatat sebagai tamu yang menginap atau anda harus datang dengan rombongan.

Akses menuju Kebun Wisata Inkarla terbilang mudah. Dapat diakses dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari arah Bogor, anda dapat mengikuti Jalan Raya Ciawi – Cianjur, kemudian lurus melewati Cisarua, mengikuti Jalan Cimacan.

Sebelum RSUD Cimacan, akan ada belokan ke arah kanan, menuju Jalan Raya Cibodas. Lurus sampai ada nama Jalan Singabarong, belokkan kendaraan ke arah kiri. Disanalah lokasi Kebun Wisata Inkarla. Cukup mudah untuk anda jangkau. Bus juga dapat masuk ke kawasan wisata yang terbilang cantik ini.

Panorama Pabangbon

Menikmati alam memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Inilah mengapa wisata alam tidak pernah surut peminatnya. Salah satunya adalah Wisata Panorama Pabangbom (Wisata PaPa) atau juga dikenal dengan Wisata Panorama Pabangbon.

Wisata Panorama Pabangbon berada di Leuwiliang Bogor. Objek wisata ini menjadi idola baru pengunjung untuk berlibur. Karena, tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang memukau, tapi juga spot foto menarik.

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang begitu memukau. Pegunungan dan pepohonan hijau menjadi anggota paling banyak dalam menyambut pengunjung. Ditambah lagi, pohon pinus yang kokoh berdiri menjadikan pemandangan bertambah segar.

Pengunjung pun akan merasakan sejuknya udara di setiap langkah. Menghirup udara dalam-dalam akan membuat rongga di paru-paru semakin segar. Tak heran, lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat udara di sekitar sangat bersih.

Di sini, pengunjung akan melihat berbagai spot foto menarik. Ada gardu pandang, landmark keren sebagai objek foto, dan wahana lainnya. Dijamin tidak akan bosan berada di sini.

Banyak spot menarik untuk berfoto di sini. Diantaranya spot sarang burung, papan kayu hati, papan kayu kupu-kupu. Ditambah lagi tangan raksasa, jembatan cinta, ayunan ekstrem, hammock, dan banyak lagi.

Pengunjung tidak perlu khawatir untuk mencoba berbagai wahana. Karena, pengelola telah menyiapkan wahana dengan standar keamanan tinggi. Meskipun terbuat dari kayu, namun keamanannya tetap terjaga.

Di Wisata Alam Pabangbon, ada satu tempat yang disebut sebagai tree house. Di sini terdapat rangkaian kayu yang berada di atas pohon. Lengkap dengan tangga yang digunakan sebagai akses naik dan turun.

Tree house atau rumah pohon ini berbentuk memanjang. Jadi, seperti jembatan yang berada di atas pohon. Diapit oleh jajaran pohon pinus di sekitarnya.

Rumah pohon ini lebih aman karena banyak tempat untuk berpijak. Bahkan, rumah pohon ini siap menampung 5 orang sekaligus di atasnya. Dari sini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Objek wisata ini berada di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Dari pusat Kota Bogor, dapat diakses melalui Jalan Leuwiliang-Bogor. Waktu tempuh untuk menuju ke lokasi kurang lebih 1 jam 31 menit.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara didirikan atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992. Beliau saat itu memang menjadi ketua Yayasan Bunga Nusantara, dan membangun taman ini sebagai area agrowisata. Secara resmi, Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Sekarang tempat wisata ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit pengunjung, terutama pengunjung dari wilayah DKI Jakarta.

Banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai Taman Bunga Nusantara Bogor, taman bunga Puncak, atau taman bunga Cipanas. Tapi sebetulnya secara adminsitratif terletak di wilayah kabupaten Cianjur.

Tepatnya, alamat Taman Bunga Cianjur ada di jalan Mariwati KM 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Berada di ketinggian pegunungan dan tidak jauh dari Gunung Gede, membuat suasana dan udara disini segar sekali. Disini kita bisa melihat hamparan rumput hijau yang langsung bikin adem, rangkaian bunga berbagai jenis yang indah, dan berbagai spot yang instagrammable.

Warso Farm

Masih gak puas dengan durian yang anda beli dari para penjaja durian keliling? Tenang…

Di Kebun Duren Warso, yang berlokasi di Rancamaya, Bogor, sanggup memuaskan keinginan anda melahap durian dengan bermacam-macam jenis durian. Di Kebun Duren Warso, gak hanya menyajikan satu, dua, atau sepuluh jenis durian, tapi anda bisa ngicipi lebih dari 900 jenis varian durian. Termasuk 7 varietas unggulan, yaitu Monthong, Lay, Petruk, Sunan, Si Mas, dan Tembaga.

Biarpun gitu, masih ada kok buah-buahan jenis lain yang ditanam di Kebun Duren Warso ini, seperti pohon buah Naga, pohon nangka, buah jambu monyet, dan ditambah lagi pesona area persawahan.

Waktu yang pas buat anda datang ke Kebun Duren Warso adalah saat musim duren, yaitu mulai Bulan Desember – Mei. Dan puncaknya musim duren adalah Januari – Maret.

Kebun Duren Warso hampir setiap hari ramai pengunjung. Semakin siang, semakin ramai. Jam buka Kebun Duren Warso adalah dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Sebaiknya, sebelum anda datang ke Kebun Duren Warso, telepon dulu untuk mengetahui apakah stock duren yang anda inginkan masih tersedia atau tidak. Biasanya, duren-duren dengan varietas unggulan cepat ludes, diborong oleh penikmat duren yang sengaja hunting ke Kebun Duren Warso.

Untuk menuju Kebun Duren Warso, anda bisa menempuh melalui dua jalur. Jalur pertama adalah Cihideung. Jalur ini bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari arah Kota Bogor.

Sedangkan, jalur kedua melalui Pasar Caringin. Jalur kedua biasa ditempuh oleh para pemburu durian yang berasal dari Kota Jakarta. Anda bisa melewati tol Jagorawi kemudian ambil jalur Sukabumi. Hingga akhirnya bertemu dengan Pasar Caringin, belok ke kanan. Ikuti jalan terus hingga akhirnya bertemu pertigaan. Dari pertigaan ini, belok kanan lagi. Tidak jauh dari sini, anda akan melihat patung durian besar di pinggir jalan.

Ancer-ancernya anda hampir sampai ke Kebun Duren Warso adalah Patung Durian dan Patung Buah Naga berukuran besar.

Masuk ke Kebun Duren Warso, anda gak perlu bayar tiket. Yang anda perlukan hanyalah menyediakan uang yang cukup untuk makan duren, menimati macam-macam olahan duren dan buah naga, plus bermain di wahana mini ala Kebun Duren Warso. Jangan lupa sediain kamera pocket atau kamera handphone, karena anda bakalan tertarik buat foto selfie atau groupie di Kebun Duren Warso lantaran pemandangannya yang masih terkesan natural. Ditambah lagi area persawahan yang bikin anda serasa balik lagi ke zaman ndeso.

Calon pembeli bisa nunjuk buah duren mana saja yang masih menggantung di batang pohonnya untuk dipetik, dibelah, dicicipi, dan dibeli, jika suka. Jika tidak suka, tidak masalah, tidak perlu membeli duren yang telah dipetik dan dibelah, tanpa ngasih ongkos icip-icip. Tapi, dengan catatan, yang memetik adalah petugas, bukan anda sebagai pengunjung.

Ngomongin soal wahana mini ala Kebun Duren Warso, anda bisa mengajak anak-anak anda bermain paint ball, mancing, nyeruput jus duren yang jadi menu favorite pengunjung Kebun Duren Warso. Kebun Duren Warso juga menyediakan balai pertemuan berkapasitas 90 orang.

Sudah ngiler duren? Yuks! Serbu langsung Kebun Duren Warso.